HP Pavilion Gaming – Laptop Gaming Termurah yang “Hampir” Bisa Segalanya

Sobat lector tech, saat ini kita akan me-review salah satu laptop gaming dengan harga paling terjangkau saat ini, yaitu HP Pavilion Gaming.

HP tampaknya sedang serius untuk mengeluarkan beberapa lini laptop di beberapa segmen, dan segmen gaming menjadi yang paling populer di Indonesia belakangan ini. Salah satu laptop khusus game andalan HP saat ini adalah HP Pavilion Gaming 15 EC0001AX yang membidik segmen entry-level, yang selanjutnya akan saya sebut dengan HP Pavilion Gaming 15 saja.

Desain fisik dari laptop HP Pavilion Gaming 15 ini tak jauh berbeda dengan seri Pavilion Gaming lainnya yang mengusung lekukan minimalis namun futuristik. Laptop ini dibalut dengan casing yang solid berwarna hitam berbahan doff yang terkesan garang namun juga kalem. Tetapi dengan bahan demikian akan mudah meninggalkan sidik jari ketika dipegang, jadi sobat harus sering untuk membersihkannya.

Meski dijual dengan harga yang terjangkau, performa laptop HP Pavilion Gaming 15 ini masih memadai dan tak bisa dipandang sebelah mata. Laptop ini mengandalkan duet AMD Ryzen 5 3550H dengan grafis Nvidia GeForce GTX 1050 sebagai dapur pacu utamanya.

HP mempersenjatai laptop gaming murah ini dengan layar berukuran 15,6 inch yang menggunakan panel IPS dan didukung WLED backlight dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menghasilkan sudut pandang yang luas dan kaya warna.

Desain layar dengan micro-edge membuat bezel sekitar layar menjadi lebih tipis. Hal ini membuat dimensi laptop gaming besutan HP ini lebih kompak dan ringkas. Tak hanya itu, layar yang diusung oleh HP Pavilion Gaming 15 ini dilengkapi fasilitas anti-glare untuk mendukung kenyamanan saat digunakan.

Kemudian layar ini juga nyaman digunakan untuk urusan editing baik itu editing video maupun foto. Dengan menggunakan software editing adobe premiere dan adobe after effect, masih sangat nyaman dan lancar digunakan baik untuk proses editing maupun rendering. Untuk akurasi warna juga tidak buruk, sekalipun bukan yang terbaik, sehingga masih nyaman untuk editing foto dengan adobe photoshop. Untuk menggambar objek dengan bantuan wacom pun sangat presisi dan tanpa lag, idaman sobat yang merupakan kreator desain grafis dan juga gamer.

Untuk urusan konektivitas HP Pavilion Gaming 15 ini terbilang lengkap. Di sebelah kiri hanya ada port charger dan Port USB 3.1 Gen 1. Dan di sebelah kanan ada full size port HDMI 2.0, Port USB 3.1 Gen 1, port LAN, Port USB 3.1 Gen2 Type-C, port audio dan SD card reader.

Laptop HP Pavilion gaming 15 ini juga memiliki webcam yang mumpuni untuk aktifitas sobat belajar, kuliah atau kerja dari rumah. Dengan TrueVision HD Camera with integrated dual array digital microphone, laptop ini menghasilkan perekaman video yang sangat bagus hanya dengan webcam bawaan untuk sekelas laptop gaming. Jadi untuk situasi belakangan yang mengharuskan kita bekerja dirumah, maka webcam ini bisa sangat diandalkan.

Di sisi grafis, laptop HP Pavilion Gaming 15 ini diperkuat GPU AMD Radeon RX Vega 8 yang ditandemkan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Untuk proses komputasi ringan, yang berjalan secara default adalah AMD Radeonnya, namun jika untuk memainkan game atau komputasi berat, secara otomatis GPU akan berpindah ke Nvidia GTX 1050 nya. Dengan begitu untuk urusan gaming sudah tidak diragukan lagi, hampir semua game mampu dilakukan dengan lancar tanpa lag untuk settingan grafis medium dan high.


Laptop ini juga memiliki full-sized keyboard, sehingga ada numpad di sebelah kanan. Keyboard juga sudah memakai backlit satu warna yaitu hijau yang punya tiga tingkat kecerahan yang bisa diatur manual. Lalu tombol Powernya juga terpisah dari keyboard sehingga meminimalkan resiko terpencet secara tidak sengaja. Untuk feel mengetiknya juga cukup nyaman, karena tombol-tombolnya terasa empuk dan travel key-nya rendah, jadi sangat cocok untuk sobat sebagai pelajar dan mahasiswa yang banyak menggunakan laptop ini untuk mengetik dokumen ataupun laporan.

Sektor media penyimpanan, laptop gaming murah ini dibekali dengan media penyimpanan berupa SSD PCIe M.2 NVMe berkapasitas besar di kelas harganya, yaitu 512GB. Sehingga untuk membuka OS nya pun cukup cepat dalam hitungan detik saja, dan untuk membuka tutup aplikasi juga lebih cepat dibandingkan dengan harddisk biasa.

Tak hanya itu, HP Pavilion Gaming 15 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3-cell 52.5 Whrs Lithium polymer untuk memenuhi kebutuhan daya sobat saat harus mobile. Dengan begitu berat dari laptop ini juga termasuk ringan di kelasnya, yaitu seberat 2,2 kg sehingga nyaman dibawa kemana-mana dengan tas HP bawaan yang disertakan sebagai bonus pembelian.

Di sisi audio, HP Pavilion Gaming 15 ini mengandalkan dukungan dua buah speaker berkualitas tinggi dan didukung oleh Bang & Olufsen Play yang menghasilkan suara jernih dan kaya detail untuk memanjakan telinga sobat saat bermain game atau saat menikmati konten multimedia.

Kesimpulannya:

HP Pavilion Gaming 15 merupakan salah satu laptop gaming termurah saat ini dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 dan GeForce GTX 1050. Harga laptop HP Pavilion Gaming 15 ini di Indonesia adalah Rp 9.999.000, atau 10 juta kembali seribu. Melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, laptop ini sangat layak untuk sobat pinang karena dapat memenuhi kebutuhan di semua aspek seperti mengetik, video conference, gaming, dan juga editing video.

Spesifikasi lengkap dapat dilihat sebagai berikut:

  • Layar IPS LCD dengan WLED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel
  • Chipset AMD
  • Prosesor AMD Ryzen 5 3550H quad-core dengan kecepatan 2,1GHz Turbo maksimal 3,7GHz
  • Warna Shadow black
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 8 iGPU + Nvidia GeForce GTX 1050 VRAM 3GB GDDR5
  • Memori RAM 8GB DDR4 2400MHz
  • Storage SSD 512GB PCIe M.2 NVMe
  • Baterai 3-cell, 52.5 Wh Li-ion polymer
  • Konektivitas WiFi, LAN, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type C (5 Gb/s signaling rate, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge), Port HDMI, card reader
  • Dual stereo speaker, HP Audio Boost, Bang & Olufsen B&O PLAY
  • Kamera HP TrueVision HD Camera with integrated dual array digital microphone

Simak ulasan videonya disini: